Optimasi Blog - Arti, Fungsi & Manfaat Internal Link

Ada banyak cara dan tehnik yang bisa di lakukan untuk mengoptimasi sebuah blog agar mampu bersaing di mesin pencari, selain membuat konten berkualitas dan di tambah dengan sedikit suntikan backlink yang juga berkualitas, menggunakan tehnik internal link juga mampu menaikkan sebuah artikel dengan kata kunci yang di target, tapi apa itu internal link?.

Melalui artikel ini akan saya jelaskan secara rinci mengenai apa itu internal link, dan apa fungsi dan manfaatnya bagi sebuah blog, dan mari kita bahas satu persatu, kita mulai membahas arti dari internal link.

Internal link berasal dari kata Internal yang artinya di dalam dan Link yang berarti tautan, jadi yang di maksud dengan internal link adalah tautan yang ada di dalam halaman website atau blog yang mengarah ke website yang sama dan biasanya isi dari halaman tersebut masih saling berhubungan.

Penempatan dari internal link itu sendiri tidak cukup hanya menempatkannya di bagian navigasi seperti misalnya dalam bentuk related post maupun link yang di buat secara manual saja, namun keberadaan internal link akan lebih maksimal jika di pasang di dalam artikel, dan tentu saja link harus mengarah ke artikel yang memiliki pembahasan sama.
Baca Juga ; Cara mendapatkan backlink berkualitas
Terkait dengan penjelasan saya mengenai arti dari internal link, maka dapat di simpulkan bahwa secara sederhana fungsi internal link adalah untuk menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya yang masih saling berhubungan.

Penggunaan internal link pada artikel artikel dengan beda pembahasan sebenarnya bisa saja di terapkan, namun tentu saja hal ini justrus akan mengurangi relevansi dari artikel tersebut, dan kemungkinan tidak memiliki pengaruh terhadap sebuah artikel di mesin pencari dengan kata kunci yang di target.

cara daftar blog

Jika bicara tentang manfaat dari internal link, maka tentu saja akan ada banyak sekali manfaat yang nantinya bisa di rasakan, namun dengan catatan penerapan internal link ini harus benar. Beberapa manfaat yang nantinya bisa di rasakan adalah

1. Meningkatkan nilai SEO

Secara garis besar, adanya internal link akan memudahkan boot spider merayapi konten, bergerak dari satu artikel ke artikel lainnya mengikuti arah internal link, jika artikel artikel tersebut masih memiliki keterkaitan maka boot spider akan menganggap website atau blog kita fokus membahas satu niche saja dan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa google lebih menyukai sebuah website yang lebih fokus untuk membahas satu niche, namun bukan berarti google tidak menyukai website atau blog dengan niche yang berbeda beda.

Penggunaan kata kunci atau anchor teks pada tiap tiap internal link merupakan cara paling mudah meningkatkan nilai seo dan menaikkan peringkat kata kunci yang di target di mesin pencari, namun untuk penggunaan kata kunci ini tentunya harus memiliki banyak variasi dan terkesan alami (tidak memaksakan), sebagai contoh silahkan perhatikan gambar di bawah ini

cara daftar blog

Gambar di atas menjelaskan bahwa saya telah melakukan pemasangan sebuah link artikel di tiga artikel berbeda dengan menggunakan kata kunci yang berbeda beda.
Terkait : Cara penerapan anchor teks

2. Memudahkan pengunjung

Kebanyakan pengunjung yang kemudian membaca isi artikel akan tertarik untuk mencari informasi lain yang masih terkait dengan artikel tersebut, dengan adanya internal link ini maka pengunjung tidak perlu merasa kesulitan menemukan artikel artikel lainnya yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang di baca.

Manfaat lain yang masih berhubungan dengan pengunjung adalah menarik perhatian pengunjung tersebut untuk membaca artikel lainnya yang tentu saja masih berkaitan. Jika hanya mengandalkan related post yang umumnya terletak di bagian bawah artikel maka kemungkinan pengunjung untuk melihat artikel terkait lainnya akan sangat kecil karena biasanya pembaca hanya akan membaca hanya sampai di akhir artikel saja tanpa menscrool ke bawah lebih jauh.

3. Meningkatkan pageview

Meningkatkan atau menambah pagefiew blog adalah manfaat intenral link berikutnya. Seperti yang saya jelaskan di poin nomor dua bahwa adanya internal link akan memudahkan dan membuat ketertarikan pembaca untuk membuka artikel lain yang masih berhubungan, maka jika si pembaca membuka artikel lainnya maka secara otomatis akan menambah pageview blog tersebut.

Terkait dengan poin pertama, jika sebuah artikel terus menerus mendapat kunjungan meskipun datangnya dari internal link , maka secara otomatis akan menaikkan peringkat artikel tersebut, apa lagi jika internal link tersebut menggunakan kata kunci, secara perlahan kata kunci tersebut akan mampu bersaing dan masuk ke halaman pertama mesin pencari, keadaan seperti ini biasa disebut dengan istilah "sundul menyundul"

4. Mengurangi bounce rate

Sebenarnya poin nomor 4 ini malas saya bahas karena berhubungan dengan google analytic, dan jujur saja saya pribadi sudah sejak lama tidak pernah menggunakan google analytic ini untuk menganalisa blog saya dan bahkan ada beberapa blog sya yang tidak saya daftar di google analytic, tapi bukan berarti saya mengatakan bahwa google analytic tidak penting. Google analytic tetap merupakan tools penting dalam hal blogging, dan salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui bounce rate atay rasio pentalan sebuah website.

Jika seorang pembaca membuka lebih dari satu halaman dalam satu waktu maka hal tersebut akan mengurangi bounce rate, semakin banyak orang tersebut membuka halaman blog maka bounce rate akan semakin berkurang, dan tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat fositive bagi perkembangan blog.

Penutup.

Dari semua penjelasan yang saya tulis di atas jelas lah bahwa penggunaan internal link sangat penting dalam sebuah blog atau website, dan mengenai bagaimana cara penerapan internal link yang benar akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

Ini saja yang bisa saya tulis pada artikel kali ini. Semoga penjelasan mengenai arti, fungsi dan manfaat internal link ini bermanfaat bagi sobat pembaca. Terimakasih sudah berkunjung di blog Pondok Blogger dan jangan lupa untuk menshare artikel ini melalui akun sosial media.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "Optimasi Blog - Arti, Fungsi & Manfaat Internal Link"

Poskan Komentar

Maaf gan, yang komennya pake LINK AKTIF kagak ane publis ya...