12 Tips dalam Memilih Nama Domain

Domain adalah salah satu faktor penting dalam sebuah blog atau website, namun terkadang banyak blogger pemula yang tidak terlalu memperhatikan hal ini dan lebih mementingkan tampilan blog, padahal tentu saja pemilihan nama domain lebih penting dari tampilan blog, meskipun secara garis besar baik domain maupun tampilan sama sama memiliki pengaruh.

Pemilihan nama domain sangat penting di lakukan sebelum membuat sebuah blog, dan di sini saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih nama domain, apa saja itu?, langsung saja simak ulasannya berikut ini


1. Singkat dan mudah di ingat

Membuat nama domain yang mudah di ingat tentu saja akan lebih memudahkan orang lain menemukan blog kita, dan biasanya agar orang lain mudah mengingat nama domain kita maka usahakan tidak menggunakan nama domain yang terlalu panjang, karena jika terlalu panjang, selain susah di ingat, penggunaan nama domain seperti ini juga kurang di sukai oleh google.

2. Gunakan domain TLD yang berbayar

Meskipun kita masih bisa membuat sebuah blog yang wow hanya dengan menggunakan subdomain (blogspot atau wordpress dll), namun tentu akan lebih terlihat profesional jika menggunakan TLD (Top Level Domain), TLD di sini juga sebaiknya jangan menggunakan yang gratis seperti .tk .ml, ga dll. Untuk membuat sebuah domain saya lebih menyarankan menggunakan ekstensi .com, atau alternatif lain bisa menggunakan .net.

3. Menggunakan kata kunci

Beberapa orang mengatakan bahwa menggunakan kata kunci di dalam domain sebenarnya kurang bagus, namun saya sendiri kurang setuju dengan hal tersebut. Penggunaan kata kunci sebagai nama domain sangat berpengaruh di mesin pencari, tentu saja hal ini bisa dengan mudah menaikkan peringkat dari kata kunci yang di target, hanya saja kelemahan dari penggunaan kata kunci di dalam domain ini bisa menjadi pembatas ruang gerak, artinya jika menggunakan kata kunci di dalam domain maka secara otomatis blog tersebut hanya membahas tentang kata kunci tersebut.

4. Menggunakan nama brand

Agar tidak terlalu fokus terhadap satu kata kunci, menggabungkan antara kata kunci dengan brand sebagai nama domain bisa menjadi solusi memperluas ruang gerak, jadi brand di sini membantu memperluas pembahasan di dalam blog.

5. Jangan menggunakan nama treadmark

Treadmark adalah nama yang sudah di gunakan oleh orang lain baik sebagai nama perusahaan atau lainnya, baik sekala kecil maupun besar, biasanya treadmark sudah menggunakan hak paten dan sudah memiliki hak paten atas nama tersebut, jadi jika kita menggunakannya maka bukan tidak mungkin kita akann di tuntut oleh pihak bersangkutan.

6. Order domain di tempat yang terpercaya

Belakangan ini banyak sekali jasa domain dan hosting murah dan full service, tapi saya sarankan jangan mudah tergoda oleh semua promosi tersebut, jadi sebelum melakukan order domain sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu, baik bertanya di forum forum maupun orang yang sudah pernah melakukan order domain, dan untuk tempat order domain terpercaya ini saya merekomendasikan idwebhost.com, dan sekedar informasi bahwa saya sudah melakukan pembelian 4 domain di tempat ini.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum memilih sebuah domain untuk blog atau website, untuk nomor 7, 8, 9, 10, 11 dan 12 silahkan tambahkan di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung di Pondok Blogger.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "12 Tips dalam Memilih Nama Domain"

Poskan Komentar

Maaf gan, yang komennya pake LINK AKTIF kagak ane publis ya...