8 Cara Membuat Konten (Artikel) Berkualitas Ala Pondok Blogger

Cara membuat konten berkualitas - Sebagai orang yang aktif di dunia blog dan ikut serta di forum forum yang membahas seputar blog pastinya sobat pernah mendengar istilah "KONTEN ADALAH RAJA", yap, istilah itu pastinya sudah sangat umum terdengar ditelinga sobat blogger, namun yang jadi pertanyaan disini adalah "apa semua konten yang ada di blog adalah raja?", saya katakan TIDAK, karena hanya konten yang berkualitas lah yang pantas disebut raja, lalu bagaimana cara membuat konten berkualitas?, jawaban dari pertanyaan itulah yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Hal pertama yang ingin saya tekankan disini adalah bahwa konten berkualitas itu tidak selalu harus
  • Penulisan dan gaya bahasa sesuai EYD
  • Hasil pemikiran sendiri/Bukan copas
  • Terdiri dari banyak karakter kata
Ketiga hal tersebut hanyalah sebuah standar minimun dari sebuah artikel, jadi sekali lagi saya tekankan ketiga hal tersebut bukan penentu mutlak sebuah konten bisa dibilang berkualitas.

Selama ini banyak blogger yang salah kaprah dalam mengartikan istilah konten berkualitas, mereka berfikir dengan membuat sebuah artikel yang didalamnya menggunakan density keyword (kepadatan kata kunci) sudah bisa disebut konten berkualitas sehingga terkadang mereka memaksa memasukkan kata kunci kata kunci tersebut kedalam sebuah artikel, atau mungkin ada juga yang memaksakan menggunakan istilah H1-H2-H3 dan sebagainya pada setiap kata kunci yang dibidik.

Hal hal yang saya sebutkan diatas pun pernah hinggap difikiran saya, saya terapkan disetiap artikel yang saya buat, namun faktanya artikel artikel tersebut tidak mampu bertahan dalam waktu lama, penyebabnya sederhana, artikel seperti itu tidak disukai pembaca dan perlahan akan menurunkan kredibilitas dari artikel tersebut.

cara membuat konten berkualitas

Belajar dari sebuah pengalaman, pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah konten berkualitas, apa saja itu?, langsung saja simak penjelasannya berikut ini

Artikel terkait
Optimasi SEO
Cara mendapatkan backlink berkualitas
Cara riset kata kunci

1. Gunakan long tail Keyword pada judul konten

Umumnya, kata kunci panjang atau long tail keyword memiliki jumlah pencarian lebih sedikit jika dibandingkan dengan kata kunci pendek (short tail keyword), namun dalam membuat sebuah judul saya sarankan untuk menggunakan kata kunci panjang karena hal ini akan lebih menguntungkan dan memiliki peringkat lebih baik di mesin pencari, selain itu jika judul konten menggunakan long tail keyword pasti didalamnya terdapat short tail keyword.

2. Buat isi konten sesuai judul

Terkadang, untuk mendatangkan pengunjung orang membuat sebuah judul artikel yang terkesan berlebihan, namun ketika dibaca isi dari artikel tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan judul, hal ini tentunya akan membuat pembaca merasa kecewa dan kesal, kemudian pembaca akan malas untuk berkunjung ke blog kita lagi.

3. Pembahasan yang jelas dan mendalam

Untuk menjelaskan sesuatu kepada pembaca tidak selalu harus menggunakan bahasa panjang lebar, disinilah terkadang orang melakukan sebuah kesalahan, membuat sebuah artikel yang memiliki ribuan karakter namun untuk sampai kepada pokok pembahasan menggunakan bahasa yang berbelit belit, apa lagi terkadang memaksakan untuk memasukkan kata kunci, jika hal ini sampai terjadi maka hal itu hanya akan membuat pembaca merasa bosan dan malas untuk melajutkan membaca konten tersebut, jadi buatlah konten yang mendalam dan memberikan jawaban pasti dari apa yang pembaca cari.

4. Gunakan kata kunci yang relevan

Sebuah mesin pencari baik itu google, yahoo, bing dan lainnya pasti akan selalu menghubungkan sebuah kata kunci dengan kata kunci lainnya masih memiliki keterkaitan, hal ini dikenal dengan istilah Latent Semantic Indexing (LSI), jadi disinilah pentingnya untuk memvariasikan setiap kata kunci yang di target di dalam konten. Jika hal ini diterapkan maka akan membuat konten menjadi semakin relevan dan berkualitas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama berulang ulang.

5. Buat pembaca mudah menyebarkan konten sobat

Penyebaran konten yang dilakukan secara sukarela oleh pembaca pastinya akan berdampak baik bagi blog, selain mendapatkan traffic, secara SEO hal ini juga sangat menguntungkan. Jika pembaca menyebarkan sebuah konten secara sukarela maka hampir dipastikan pembaca merasa konten tersebut sangat bermanfaat bagi orang lain sehingga harus banyak yang tau, jadi selalu sediakan tombol share baik facebook, twitter, G+ maupun sosial media lainnya didalam konten.

6. Berikan respon yang baik pada setiap komentar yang masuk

Memberi respon yang baik dan menjawab setiap komentar yang masuk didalam konten tersebut akan memberikan penilain baik bagi pengunjung berikutnya, selain itu hal ini juga akan membuat pengunjung kembali lagi untuk menanyakan hal lainnya dikolom komentar karena menganggap blog tersebut bisa diajak berdiskusi, namun perlu saya garis bawahi bahwa sobat hanya memberi respon dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan topik.

7. Gunakan deskripsi penelusuran pada setiap konten

Selain judul konten, yang akan terlihat di mesin pencari adalah deskripsi dari konten, dan mesin pencari pun akan membaca deskripsi tersebut, jadi buatlah sebuah deskripsi singkat yang mengajak orang untuk membaca artikel tersebut dan menjelaskan isi dari konten.

8. Optimalkan konten dengan menggunakan gambar/foto

Gambar atau foto yang dimasukkan kedalam konten tentu bisa membuat sebuah konten menjadi berkualitas, caranya adalah dengan memberikan title text dan alt teks pada setiap gambar yang dimasukkan kedalam konten, tentu saja title text dan alt text ini harus mengandung kata kunci yang ditarget di konten tersebut, untuk caranya silahkan simak dengan mengklik link berikut ini
Optimasi gambar di dalam artikel
Itulah beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membuat konten berkualitas dimana secara umum jika konten yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas maka bukan tidak mungkin konten tersebut akan mampu bertahan dalam posisi yang baik dalam waktu lama, meskipun ada faktor faktor lainnya yang juga berpengaruh seperti kualitas backink dan cara optimasi seo yang benar, dan kesemua itu adalah merupakan sebuah tahapan dalam membuat blog yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca. Jangan lupa untuk membantu menshare artikel ini dengan menggunakan tombol share yang tersedia. Selamat mencoba dan terimakasih sudah berkunjung di Pondok Blogger, tongkrongan para blogger.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "8 Cara Membuat Konten (Artikel) Berkualitas Ala Pondok Blogger"

Poskan Komentar

Maaf gan, yang komennya pake LINK AKTIF kagak ane publis ya...